4 Cara Praktis Merawat Air Kolam Renang Tetap Jernih

Kontraktor Kolam Renang Tasikmalaya

Memiliki kolam renang yang airnya selalu jernih pastinya akan menyenangkan dan juga dapat menenangkan pikiran. Kolam renang yang bersih, airnya jernih seakan merubah kepenatan Anda menjadi kenyamanan dan ketenangan. Jika Anda memiliki kolam renang, Anda harus menjaga kejernihan air kolam renang Anda, supaya tetap indah dan enak dipandang.

Kontraktor Kolam Renang Tasikmalaya

Untuk menjaga air kolam renang Anda tetap jernih dan sehat, Anda harus melakukan perawatan khusus. Untuk membantu Anda dalam melakukan perawatan kolam renang dengan tepat, kami telah menyiapkan cara merawat air pada kolam renang, langsung saja simak dibawah ini.

  1. Test Kadar PH dan Chlorine

Yang pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan test kadar PH dan Chlorine pada air kolam renang, Ini akan membantu Anda dalam menambahkan bahan kimia pada air kolam renang Anda.

2. Menguras Air Kolam Renang

Menguras kolam renang sangat penting dan wajib dilakukan setiap waktu untuk mengeluarkan kotoran yang berada di lantai dasar kolam renang.

3. Backwash Filter Air Kolam Renang

Hal yang tidak kalah penting untuk menjernihkan air kolam renang Anda adalah dengan melakukan Backwash filter kolam renang. Ini bertujuan untuk membuang kotoran pada tabung filter dan tidak kembali melalui inflet fiiting. Tidak hanya membersihkan tabung filter tetapi ini juga berfungsi memaksimalkan kinerja dari filter.

4. Menghilangkan Debu Dengan Menggunakan Leaf Skimmer

Untuk menjadikan air kolam renang Anda tetap jernih, Anda harus menyaring debu yang ada di kolam renang. Ini sangat penting dilakukan karena penumpukan debu pada kolam renang dapat menggangu pemandangan dan tentunya akan terlihat jorok. Jika banyak debu di kolam renang Anda ini akan menyebabkan pertumbuhan alga yang menjadikan warna air menjadi hijau.

Selain melakukan hal diatas Anda juga harus tau cara penggunaan bahan kimia untuk menghindari efek buruknya. Untuk itu kami akan memberikan penjelasan penggunaan bahan kimia yang diperlukan pada kolam renang. Yuk simak dibawah Ini.

Sejumlah Bahan Kimia Yang Digunakan Untuk Menjernihkan Air Kolam Renang

Penambahan bahan kimia ini Anda lakukan dalam kondisi air yang telah bersih. Ini bertujuan untuk menjaga air kolam renang tetap bersih dan jernih. Apa saja bahan kimia yang dibutuhkan untuk menjaga air kolam renang tetap bersih? Anda simak dibawah ini hingga selesai.

1. Menambahkan Kaporit 90%

Perlu diingat saat menambahkan kaporit pada air kolam renang pastikan bahwa kadar chlorine dalam kondisi yang ideal. Anda dapat menambahkan kaporit kisaran 3/4 kg atau sesuai dengan standar. Kaporit sendiri berfungsi untuk mempertahankan kadari chlorine supaya tetap pada kondisi yang ideal sehingga menghambat pertumbuhan lumut pada dinding dan lantai kolam renang.

2. Memberikan Soda Ash

Setelah itu Anda dapat menambahkan 3/4 kg soda ash di kolam renang normal Anda. Fungsi dari soda ash sendiri untuk menghilangkan bau anyir jika Anda telah melakukan pergantian air kolam renang menggunakan air sumur.

3. Memasukkan Copper Sulphate Pada Mesin Kolam Renang

Selanjutnya Anda harus memasukkan Copper Sulphate pada mesin kolam renang cukup satu genggam saja. Tujuan memasukkan Copper Sulphate pada mesin kolam renang adalah untuk cepat memberikan efek pada air kolam renang Anda. Copper Sulphate juga berfungsi untuk memberikan efek warna kebiruan air kolam renang Anda, tapi harus Anda ingat penggunaan Copper Sulphate dilakukan cukup 2 minggu sekali pada kondisi air kolam renang normal.

4. Menambah Kaporit Tablet 90%

Anda juga bisa menambahkan 2 tablet kaporit. Seperti saat musim penghujan menambahkan kaporit tablet pada kolam renang sangat perlu dilakukan. Ini bertujuan untuk menjaga kadar chlorine akibat menambahnya air kolam dari air hujan.

Jika Anda melakukan cara-cara ini dengan tepat, maka kolam renang Anda akan bersih dan airnya pun akan tetap jernih. Perlu diingat bahwa takaran dari bahan kimia yang kami jelaskan diatas hanya untuk pemakaian kolam renang pribadi atau kolam renang rumah.

Nah itulah 4 cara merawat air kolam renang supaya tetap jernih dan bersih yang bisa dilakukan secara rutin oleh Anda. Untuk lebih praktis dan lebih efektif merawat air pada kolam renang, Anda juga bisa menggunakan jasa perawatan kolam renang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WA