Mengenal Nama dan Komponen – Komponen Sirkulasi Kolam Renang

  • Pompa kolam renang

Pompa yang berfusi sebagai motor atau penggerak air kolam renang. Komponen ini sangatlah penting dalam mendukung sistem sirkulasi air kolam renang. Pompa kolam renang  bertugas menghisap air dari kolam renang dan kemudian didorong masuk ke filter untuk dilakukan proses filterisasi. Setelah melewati proses tersebut, air didorong kembali masuk ke kolam renang melalui saluran inlet. Dengan kondisi air sudah dalam bersih tersaring oleh filter. Pompa yang diperuntukkan di kolam renang merupakan pompa yang desain khusus. Tidak sama dengan pompa air pada umumnya. Pompa Kolam Renang merupakan komponen penting yang memiliki peran aktif sebagai alat bantu dorong (sirkulasi) air kolam renang.Sebagian ahli pompa kolam renang bahkan menyebutkan bahwa pompa kolam renang merupakan jantung nya sistim sirkulasi air kolam renang.

  • Filter kolam renang

Filter kolam renang memiliki tugas yang tidak jauh berbeda dengan fungsi filter secara umum. Yaitu menyaring kotoran agar menjadi lebih bersih.

Ada tiga jenis filter yang beredar di pasaran, yaitu :

  • Sand filter
  • Catridge Filter
  • Diatomaceous Filter atau DE

Kebanyakan orang khususnya di Indonesia. Lebih memilih Sand Filter sebagai komponen penyaring kotoran yang terdapat di dalam air kolam renang. Selain harganya terjangkau, sistem operasional dan maintenance Sand Filter juga sangat mudah untuk dipelajari.Sebagai media penyaringannya, Sand Filter ini menggunakan pasir silika yang memiliki diameter 0,4-0,5mm. Untuk mendapatkan tingkat kejernihan yang lebih maksimal, Anda bisa menggunakan pasir silika yang memiliki diameter lebih kecil lagi.

Sebagai informasi, pasir silika ini juga bisa digantikan dengan media lain seperti Green Solid. Media ini disinyalir memiliki kualitas penyaringan lebih baik. sayangnya, media ini terhitung jauh lebih mahal dibandingkan dengan pasir silika. Cara kerja sand filter secara singkat kurang lebih seperti ini. Air masuk dari atas tabung filter ke permukaan pasir silika yang berada di dalam tabung filter yang dibantu dengan dorongan pompa. Dengan begitu kotoran akan tertahan di atas permukaan pasir. Air akan langsung meresap masuk lewat pasir silika sampai ke dasar tabung filter dan akan keluar melewati kisi-kisi menuju ke kolam renang dengan melewati saluran inlet. Demikian sistem sirkulasi ini bekerja.

  •  Instalasi Plumbing Sistem / Sistem Pemipaan

Instalasi pemipaan atau instalasi plumbing memiliki peranan yang sangat penting agar air kolam renang dapat berputar (tersirkulasi) dengan baik. Jika plumbing system-nya terkonsep dengan baik, maka sistem sirkulasi jadi lebih maksimal.

Sistem instalasi pemipaan kolam renang pada umumnya dibedakan menjadi dua bagian yaitu :

  • Insatalasi pemipaan yang berfungsi untuk menghisap air dari kolam renang, dan
  • Instalasi plumbing yang berfungsi mendorong air masuk ke kolam renang.

Untuk intalasi plumbing yang menghisap air dari kolam renang, ada beberapa saluran diantaranya yaitu saluran vacuum, saluran maindrain, saluran skimmer box, dan saluran balancing tank.Instalasi plumbing ini yang akan menghubungkan komponen-komponen penunjang untuk sirkulasi kolam renang.Jika dalam proses setting pompa filter dan instalasi plumbing-nya benar, maka hasil sirkulasinya airnya pasti akan maksimal. Dengan begitu kejernihan air kolam renang tersebut akan lebih mudah untuk dicapai.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam instalasi sistem pemipaan, Anda bisa menghubungi saya. Atau bisa juga menggunakan konsultan jasa kontraktor kolam renang yang ada.

  • Balancing Tank dan Gutter Kolam Renang

Balancing dan gutter wajib tersedia untuk kolam renang yang menggunakan sistem overflow. Kedua komponen ini sangat diperlukan untuk menunjang sirkulasi air kolam renang.

Balancing tank berfungsi sebagai bak penampung air kolam renang dari limpahan overflow.

Sedangkan Gutter berfungsi sebagai penampungan limpahan “sementara” yang mengalirkan air luberan / limpahan tersebut dari kolam renang menuju ke ruang balancing tank.

  • Skimmer box

Komponen ini digunakan untuk kolam renang dengan sistem sirkulasi SkimmerSkimmer box mempunyai dua peran pada sistem ini. Yaitu :

  • Sebagai lubang air saluran hisap untuk sirkulasi dan menarik kotoran (seperti halnya debu) di permukaan air kolam renang.
  • Sebagai lubang untuk melakukan proses vacuum kolam renang.

Dari urain di atas dapat kita tarik kesimpulan. Untuk mendapatkan air kolam renang dengan tingkat kejernihan yang maksimal, diperlukan ukuran pompa dan filter yang sesuai dengan kubikasi air kolam renang.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk kolam renang :

  • Leaf skimmer

Alat yang satu ini berfungsi untuk mengangkat atau menjaring kotoran ringan seperti halnya daun, serangga, plastik, dan lain sebagainya yang ada di kolam renang. Dengan menerapkan sistem mekanikal yang baik, kotoran-kotoran ringan tersebut bisa terarah ke skimmer yang menyatu dengan sistem sirkulasi. Akan tetapi, anda tetap harus memperhatikan kotoran-kotoran tersebut secara manual. Dengan begitu, anda bisa menunda penuhnya, risiko tersumbatnya sistem sirkuasi (skimmer), dan menjaga keindahan kolam renang

  • Vacuum head

Dalam pembersihan kolam renang, sikat lantai ini berfungsi untuk membersihkan alga atau lumut yang ada di lantai kolam. Dengan menggunakan sikat lantai ini, anda dapat menyikat lumut ataupun alga tersebut sampai ke akarnya. Soal ukuran dan bentuk, vacuum head ini tersedia dalam berbagai macam bentuk dan ukuran. Tiap ukuran dan bentuk sikat lantai ini memiliki kegunaan yang relatif sama.

  • Vacuum hose

Vacuum hose atau selang berfungsi untuk mengangkat sekaligus menyedot kotoran yang ada di lantai kolam. Adapun cara menggunakannya ialah dengan menghubungkannya menggunakan vacuum head. Dengan begitu, kotoran yang ada di dasar kolam bisa diangkat oleh vacuum head dan disalurkan ke tempat penampungan (filter) dengan bantuan selang tersebut. Di dalam filter, kotoran bisa tersaring dan air bersih yang berasal dari penyaringan bisa dialirkan lagi ke dalam kolam. Vacuum nose itu sendiri memiliki panjang yang bervariasi, mulai dari 9, 12, sampai 15 meter. Dengan begitu, anda bisa menyesuaikannya dengan ukuran serta kedalamam kolam renang anda.

  • Wall brush

Sikat ini digunakan untuk membersihkan dinding kolam renang anda. Dengan begitu, dinding kolam renang bisa terhindar dari lumut. Sikat dinding yang satu ini mempunyai bulu sikat yang lebih panjang jika dibandingkan dengan sikat lantai.

  • Telescopic handle

Telescopic handle ini berfungsi sebagai tongkat pegangan pada sikat dinding ketika anda akan menyikat lantai ataupun dinding pada kolam renang. Dengan menggunakan tongkat pegangan ini, anda tak perlu turun ke kolam renang atau menyelam guna membersihkan bagian dalam kolamnya. Anda tetap bisa berada di tepi kolam sambil membersihkan bagian dalam kolam dengan memanfaatkan tongkat pegangan. Soal ukuran, tongkat pegangan terdiri dari berbagai macam ukuran. Akan tetapi pada umumnya, telescopic handle ini mempunyai panjang sekitar 2,5 m dan dibuat dari bahan aluminum yang kuat serta ringan. Lebih dari itu, alat yang satu ini bisa diperpanjang hanya dengan cara menarik kedua ujungnya sampai mencapai panjang maksimal sekitar 4,8 m. Dengan panjang tersebut, sikat bisa menjangkau dasar kolam renang. Alhasil, akan mempermudah anda untuk menyikat lantai kolam renang.

  • Test kit

Tes kit berfungsi sebagai paket untuk memantau kondisi air kolam renang. Di dalam test kit ini ada berbagai jenis obat kimia (indikator), alat pengukur (pH, kadar chlorine air), dan masih banyak lainnya. Alat yang satu ini digunakan untuk melakukan pengetesan PH sekaligus pengetesan chlorine air yang ada di kolam renang.

Jika anda membutuhkan alat-alat tersebut bisa hubungi kami di nomer 0813 1414 0404 atau (021) 22784764 bisa juga datang ke Jl. Ampera Raya No. 17G, Jakarta Selatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat WA